Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kediri Gelar Razia Petasan

Kompas.com - 17/07/2013, 19:57 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Aparat kepolisian Kota Kediri menggelar razia peredaran petasan di beberapa sentra penjualan barang yang digolongkan dalam bahan peledak itu, Rabu (17/7/2013).

Razia dipimpin langsung oleh Kapolres Kediri Kota, Ajun Komisaris Besar Polisi Ratno Kuncoro, dan berlangsung di kawasan Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Di tempat itu, banyak pedagang kembang api maupun petasan berbagai ukuran. Mereka menggelar di lapak-lapak yang bisa dibongkar di sepanjang trotoar. Petugas disebar untuk menyisir setiap lapak, mencari petasan berdaya ledak besar.

Menurut Ratno, petasan memang lebih berbahaya daripada kembang api. Kembang api cenderung menonjolkan warna dan ledakannya di langit. Sedangkan pada petasan, ledakannya tidak jauh dari permukaan tanah. "Dikhawatirkan dapat menimbulkan kerawanan," kata Ratno.

Selain penyisiran petasan berdaya ledak tinggi, dalam razia tersebut juga melakukan pemeriksaan kelengkapan perizinan berdagang petasan. Surat izin itu menjadi hal penting karena dianggap sebagai sarana kontrol terhadap peredaran petasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com