Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Satroni Mushala Saat Warga Sibuk Sahur

Kompas.com - 17/07/2013, 16:14 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com
 — Seorang pencuri diamankan polisi setelah gagal melakukan aksinya mengambil uang dari kotak amal mushala Al Ihsan di Kelurahan Kaliombo, Kecamatan Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (17/7/2013).

Andri Agung Waluyo (32), tersangka, melancarkan aksinya sekitar pukul 1.30 WIB dini hari tadi, atau saat masyarakat lingkungan mushala sedang bersiap santap sahur. Warga Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, itu langsung mengincar kotak amal.

Aksinya gagal setelah ada warga yang mengetahui tindak tanduknya. Teriakan warga itu memancing warga lainnya. Mereka berdatangan dan berusaha menangkap tersangka yang berupaya kabur karena aksinya terungkap. Pelaku pun akhirnya tertangkap.

Tersangka sempat menjadi korban kekesalan massa. Namun, luapan kekesalan itu mereda dan tidak melampaui batas setelah ada polisi yang sedang berpatroli di sekitar lokasi. Petugas lalu membawanya ke kantor polisi.

Kepada petugas, tersangka Andri mengaku melancarkan aksinya seorang diri. Ia berangkat ke mushala itu dengan mengendarai motor yang  dipinjam dari salah satu rekannya. Andri mengaku mencuri karena impitan ekonomi.

Kepala Polsek Kediri Kota AKP Abraham Sissik mengatakan, aksi percobaan pencurian yang dilakukan tersangka merupakan kali kedua. Menurutnya, sekitar dua tahun yang lalu, tersangka juga melakukan perbuatan yang sama.

"Dari pemeriksaan terhadap tersangka, sudah dua kali ini mencuri kotak amal. Pencurian yang pertama, tersangka divonis 3 bulan," kata AKP Abraham Sissik.

Saat bulan Ramadhan ini, kata Kapolsek, personelnya yang berpatroli mempunyai tugas ganda. Selain bertugas menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, petugas juga membantu bangunkan warga Muslim yang akan sahur.

Kini tersangka masih mendekam di ruang tahanan Mapolsek Kediri Kota guna melengkapi berkas pemeriksaannya untuk kemudian dilimpahkan ke Kejaksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com