Rabu, 30 Juli 2014

News / Regional

Mudik 2013, Jalan Lingkar Gentong Belum Pasti Dibuka

Selasa, 16 Juli 2013 | 08:27 WIB
KOMPAS/ORIN BASUKI Kemacetan terjadi sepanjang hari di jalur selatan kawasan Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, selama arus balik Lebaran 2011. Foto diambil, Minggu (4/9/2011). Kini pembangunan jalur alternatif Gentong sudah selesai, sehingga kemacetan diharapkan tidak separah tahun lalu.
TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Jalan Lingkar Gentong di Tasikmalaya, Jawa Barat belum dapat dipastikan akan dibuka untuk melayani arus mudik dan balik Lebara pada tahun ini. Selain belum ada perintah dari Dinas Perhubungan Jawa Barat, pengoperasian jalan tersebut juga mensyaratkan beberapa perbaikan sarana.

"Kalau pun akan dibuka nantinya, kami meminta kepada pihak provinsi untuk melengkapi sarana penerangan jalan," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, Andi Ruswandi, Senin (15/7/2013). Selama ini, ujar dia, penerangan jalan di lintasan itu tak berfungsi. "Kalau tidak diperbaiki nanti bisa membahayakan pengguna jalan," imbuh Andi.

Akses jalan baru yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan di kawasan tersebut, sampai sekarang pun masih belum dibuka untuk umum. Padahal pengerjaannya telah selesai pada musim Lebaran tahun lalu. "Sampai sekarang jalan itu malah masih belum dibuka. Padahal, arus lalu lintas pada hari biasa saja sudah macet, apalagi nanti memasuki arus mudik Lebaran," ujar Andi.

Dalam kesempatan itu Andi mengatakan penyebab utama sering macetnya jalur Tasikmalaya-Bandung via Gentong, adalah sempitnya jalan. Juga, kata dia, lemahnya kesadaran pengemudi terhadap peraturan lalu lintas selama ini. "Juga, kondisi jalan dengan turunan dan tanjakan serta tikungan tajam menjadi ciri khasnya," tambah dia.

Seperti diketahui, jalur Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat merupakan salah satu akses jalan Selatan Jawa. Jalan ini dapat digunakan pemudik menuju wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha
Editor : Palupi Annisa Auliani