Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Pengawal Pribadi Cagub-Cawagub Jatim

Kompas.com - 15/07/2013, 22:44 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Tidak hanya menjamin pelaksanaan Pilgub Jatim berjalan lancar dan kondusif, Polda Jatim juga menjamin keselamatan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur peserta Pilgub Jatim.

Empat pengawal pribadi disiagakan untuk mengawal setiap pasangan. Ke-12 pengawal tersebut efektif bertugas sejak tiga pasangan calon, yakni Soekarwo-Saifullah Yusuf, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, dan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat resmi berstatus cagub-cawagub, Senin (15/7/2013) dini hari.

Mereka, kata Kapolda Jatim Irjen Polisi Unggung Cahyono, adalah personel terlatih dan terpilih. ''Selain memiliki keahlian menonjol di bidang tembak-menembak, mereka juga memiliki keahlian lebih di bidang bela diri,'' kata Unggung, saat memberi sambutan seusai pengundian nomor urut pasangan kontestan Pilgub Jatim di Hotel JW Marriott Surabaya, Senin (15/7/2013).

Pengawal pribadi pilihan tersebut akan bertugas selama 24 jam bagi pasangan cagub-cawagub, hingga masa Pilgub Jatim 2013 usai. ''Pengawal ini diharapkan akan bekerja sama dengan baik dengan masing-masing tim sukses pasangan,'' tambahnya.

Dalam Pilgub Jatim 2013, Polda Jatim digelontorkan anggaran sebesar Rp 55 miliar untuk dana pengamanan di semua tahapan hingga pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jatim terpilih.

Sebanyak 40.499 personel disiagakan oleh Polda Jatim untuk mengamankan Pilgub sesuai prosedur Operasi Kepolisian Kewilayahan Ops Mantap Praja-Pilgub Jatim 2013 bernomor R/Renopspam/10/IV/2013 tertanggal 19 April 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com