Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Kembar Lahir dengan Dada Menyatu

Kompas.com - 15/07/2013, 20:56 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Bayi kembar berjenis kelamin perempuan dilahirkan dengan bagian dada hingga perut menyatu, di RSUD Gambiran, Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (14/7/2013).

Putri kembar pasangan Imam Suyuti (35) dan Endik Indrawati (33), warga Jambean, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, itu lahir dengan barat badan 5.120 gram dan panjang 47 sentimeter. Meskipun dempet dari dada hingga perut, anggota badan kedua bayi lengkap.

Endik Indrawati merupakan pasien rujukan dari bidan Endah, bidan praktik di Kras yang selama ini menjadi konsultan kehamilannya. Endah mulai datang ke RSUD Gambiran sekitar pukul 05.40 lalu dirawat di ruang Dahlia 1. Saat itu air ketubannya sudah pecah.

Awalnya ia sempat menunggu untuk menjalani proses kelahiran secara normal. Namun, karena kondisinya tidak memungkinkan, petugas medis akhirnya memutuskan melakukan operasi caesar sekitar pukul 21.56.

Proses persalinan yang ditangani oleh dr Heru itu berjalan dengan lancar. Bagian Humas RSUD Gambiran, Nitrasari, mengatakan, saat ini kondisi bayi masih dalam perawatan intensif dan mendapatkan bantuan alat pernapasan.

Nitrasari menambahkan, bayi itu akan dirujuk ke RSUD Dr Soetomo, Surabaya, untuk perawatan lebih lanjut. "Kondisinya menunggu stabil lalu dirujuk ke Surabaya," kata Nitrasari saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/7/2013).

Endik Indrawati mengaku sudah mengetahui bayinya kembar sejak saat kehamilannya. Namun, dia tidak menyangka bahwa bayinya merupakan kembar siam. Dia sangat berharap kedua bayinya bisa menjalani operasi pemisahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com