Selasa, 21 Oktober 2014

News / Regional

Inilah Nomor Urut Pasangan Cagub Jatim

Senin, 15 Juli 2013 | 19:16 WIB
KOMPAS.com/Achmad Faizal Tiga pasang cagub-cawagub Jatim mengundi nomor urut.

SURABAYA, KOMPAS.com
 — Setelah menetapkan tiga pasangan cagub-cawagub Jatim melalui voting tertutup, KPU Jatim menggelar pengundian nomor urut cagub-cawagub Jatim, Senin (15/7/2013).

Dalam pengundian tersebut, pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf mendapat nomor urut 1, pasangan jalur independen Eggi Sudjana-M Sihat nomor urut 2, dan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah mendapat nomor urut 3.

Dalam pengundian tersebut, tiga pasangan cagub-cawagub Jatim hadir didampingi tim sukses masing-masing. Suara teriakan dukungan pun beberapa kali terdengar di acara yang digelar di Ballroom JW Marriott Surabaya itu.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Ketua KPU Jatim mempersilakan masing-masing pasangan memberikan sambutan.

Bagi Eggi Sudjana, nomor urut 2 memiliki arti filosofi yang mendalam. ''Dua itu lambang perdamaian dari jari telunjuk dan jari tengah. Dua itu adalah Allah dan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Insya Allah, Eggi-Sihat nomor dua memimpin Jatim dengan kedamaian," tuturnya.

Sementara cagub dari PDI-P, Bambang Dwi Hartono, menyatakan harapannya bahwa Pilgub Jatim tahun ini berjalan bersih. ''Kita semua tahu, bahwa Pilgub Jatim 2008 lalu masih banyak ditemukan indikator kecurangan. Ini bukan saya yang bicara, tapi Mahkamah Konstitusi,'' tegasnya.

Pernyataan mantan Wali Kota Surabaya itu disambut gemuruh seruan dan tepuk tangan oleh puluhan timnya karena disampaikan langsung di hadapan pemenang Pilgub Jatim 2008, yakni Gubernur Jatim Soekarwo dan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Kistyarini