Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi LP Tanjung Gusta Diduga Kabur lewat Jalur "Tikus"

Kompas.com - 15/07/2013, 16:46 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Narapiandana kasus narkoba yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, diduga menggunakan jalur "tikus" untuk sampai ke Pulau Rupat, Bengkalis, Riau.

"Kami tidak mengetahui secara persis lewat mana pelaku bisa sampai ke Rupat. Namun, kemungkinan menggunakan jalur 'tikus' yang memang sulit untuk terlacak," kata Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hermansyah di Pekanbaru, Senin (15/7/2013).
      
Satu yang diduga sebagai napi kasus narkoba yang kabur dari Lapas Tanjung Gusta itu diketahui bernama Jaka.

"Lengkapnya belum dapat diidentifikasi dan masih terus dikonfirmasikan ke Polda Sumatera Utara," kata Hermansyah.

Napi kabur tersebut diamankan jajaran Polda Riau saat berada di Dusun Seiyap, Desa Pangkalan Niris, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.
      
Awal penangkapan pelaku, menurut informasi kepolisian, berawal dari laporan masyarakat yang curiga dengan keberadaan orang asing itu ke Polsek Rupat.
      
Petugas di Polsek Rupat kemudian melaporkan hal tersebut ke Polres Bengkalis dengan mengirimkan foto pelaku.
      
Mendapat laporan tersebut, petugas di Polres Bengkalis kemudian mengirimkan foto pelaku ke Polda Sumatera Utara hingga diketahui ternyata pelaku yang awalnya mengaku kepada warga bernama Wandi Purwanto ternyata memiliki nama asli sebagai Jaka.

"Untuk sementara, dibenarkan bahwa dia (Jaka) merupakan seorang napi yang kabur dari Tanjung Gusta," kata Hermansyah.
      
Namun, yang masih menjadi "misteri", kata dia, yakni terkait bagaimana Jaka bisa masuk ke Pulau Rupat.

Pulau Rupat merupakan salah satu pulau yang terdapat di kawasan Provinsi Riau berseberangan dengan daratan Kota Dumai dan Pulau Bengkalis.
      
Untuk sampai ke pulau yang memiliki dua kawasan kecamatan, yakni Kecamatan Rupat Utara dan Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis ini, tidak ada pilihan selain menggunakan jalur perairan menggunakan perahu atau kapal.

"Yang jelas, setiap wilayah perbatasan Riau-Sumatera Utara telah kami jaga ketat melalui personel di masing-masing polres. Terkait dari mana dia (napi) bisa sampai ke Pulau Rupat, masih dalam penyelidikan dan menunggu hasil keterangan dari pelaku yang saat ini telah ditahan di Polres Bengkalis," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com