Rabu, 23 Juli 2014

News / Regional

Umat Hindu Gelar Ritual Tusuk Tubuh Pakai Besi

Senin, 15 Juli 2013 | 09:07 WIB
KOMPAS.com/Tigor Munthe Umat Hindu menggelar ritual Trula di sungai Bah Bolon, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Minggu (14/7/2013).

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Umat Hindu Pematangsiantar menggelar upacara keagamaan memperingati Dewi Mariamman. Upacara ini diwarnai dengan ritual tusuk besi suci ke tubuh beberapa warga.

Upacara digelar di pinggiran sungai Bah Bolon Pematangsiantar, Sumatera Utara, Minggu (14/7/2013). Ritual keagamaan ini diawali dengan arak-arakan umat Hindu dari Kuil Mariaman di Jalan Pane dengan berjalan tanpa alas kaki menuju sungai Bah Bolon. Di sungai Bah Bolon, umat Hindu kemudian menghanyutkan sesajen.

"Sesajen itu sengaja dihanyutkan pertanda kita membuang segala hal yang buruk sebelum dimulai upacara suci," jelas Malini (23), warga Pematangsiantar yang mengikuti upacara.

Setelah melakukan serangkaian upacara, umat Hindu yang datang dari berbagai daerah selain dari Pematangsiantar, melanjutkan dengan ritual tusuk besi suci.

"Tusuk besi dilakukan terhadap seorang yang sudah melakukan puasa selama seminggu. Tak sembarangan, harus orang yang hati dan pikirannya bersih," kata Malini.

Beberapa pria yang sudah menyiapkan diri dengan ritual ini kemudian mengikuti ritual tusuk besi ini. Selain punggung, pipi mereka juga ditusuk besi hingga tembus melewati rahang. Setelah ditusuk besi, mereka kemudian diarak keliling kota sambil berjalan kaki.

"Ini merupakan tradisi keagamaan kita yang kita gelar tiap tahun. Upacara ini menyampaikan doa dan harapan umat dalam peringatan hari lahir Dewi Mariamman," kata Malini.

Penulis: Kontributor Padang Sidempuan, Tigor Munthe
Editor : Farid Assifa