Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Tiket Bus dan Kereta Mulai Meningkat

Kompas.com - 15/07/2013, 08:59 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kendati Idul Fitri masih lama, namun warga yang ingin pulang kampung merayakan lebaran sudah mulai memesan tiket. Hal ini terlihat dengan meningkatnya jumlah pemesan tiket baik bus, kereta maupun pesawat.

"Calon penumpang sudah mulai memesan tiket bus, kenaikan pemesanan sudah mencapai 25 persen," jelas Sony Kurniawan, Ketua Paguyuban Agen dan Pengawal Bis Malam (PAPBIMA) Terminal Jombor, Minggu (14/07/2013).

Sony menjelaskan, peningkatan paling signifikan terlihat di jurusan Yogya-Lampung. Sebagian besar pemesan tiket adalah para mahasiswa dari luar daerah yang menuntut ilmu di Yogyakarta.

"Tujuannya mulai dari Palembang, Lampung dan Jambi," tandasnya.

Mengenai harga tiket, Sony menyebutkan masih memberlakukan harga lama karena belum ada kepastian kenaikannya. Harga tiket Bus Eksekutif jurusan Lampung Rp 330.000, Palembang Rp 400.000 dan Jambi Rp 440.000.

"Ya, jika naik, nanti saat keberangkatan bisa disesuaikan harganya," kata Sony.

Sementara itu, Gabriel Kallo salah satu staf Tikecting Mitra Persada Travelindo mengungkapkan, tiket kereta untuk jurusan Jakarta-Yogya, Jakarta-Solo sudah habis. Sedangkan untuk pesawat hanya tersisa tiket eksekutif.

"Tiket kereta dari Jakarta ke Yogya atau Jakarta ke Solo sudah habis sejak seminggu lalu, sedangkan pesawat tersisa harga tiket yang mahal," ucapnya.

Menurutnya, dibandingkan hari biasanya, kenaikan permintaan tiket kereta maupun pesawat tujuan Yogyakarta bisa mencapai 50 persen setiap harinya.

"Untuk permintaan tiket jurusan yang keluar Yogya belum terlihat signifikan peningkatannya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com