Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doakan Khofifah, Massa Perempuan Istigasah di Depan KPU

Kompas.com - 12/07/2013, 19:34 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Puluhan perempuan pendukung calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah, menggelar istigasah di depan kantor KPU Jatim, Jumat (12/7/2013) sore.

Mereka mendoakan Khofifah dan Herman Suryadi Sumawiredja agar lolos sebagai pasangan cagub-cawagub pada Pilgub Jatim tahun ini. Massa duduk bersila di depan pintu gerbang Kantor KPU Jatim, Jalan Raya Tenggilis, Surabaya, dengan penjagaan ketat polisi.

Selain menggelar istigasah, mereka juga membaca shalawat nabi dan ditutup dengan doa serta  berbuka puasa bersama dengan takjil.

Menurut Ketua PKB Kota Surabaya, Syamsul Arifin, aksi para perempuan ini murni apresiasi massa pendukung Khofifah yang menginginkan sikap profesional KPU dalam menyikapi dukungan ganda PPNUI dan PK.

''Jika dukungan kepada PPNUI dan PK sah menurut aturan, segera ditetapkan, jangan mengulur-ulur waktu,'' terangnya.

Aksi dukungan kepada pasangan Khofifah-Herman ini adalah yang kali kedua dilakukan. Kemarin, puluhan orang yang mengaku dari Komunitas Pendukung Khofifah (KPK) juga menggelar aksi serupa. Mereka mendesak KPU Jatim segera menetapkan pasangan Khofifah Herman sebagai pasangan cagub-cawagub Jatim.

Sejak 8 Juli lalu hingga 14 Juli nanti, KPU Jatim menggelar pleno tertutup untuk menetapkan pasangan cagub-cawagub Jatim. Pleno diprediksi berjalan alot menyusul polemik dukungan ganda dua partai gurem, PPNUI dan PK.

Selain mendukung pasangan Khofifah-Herman, dua partai itu tercatat juga mendukung pasangan petahana, Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com