Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Lapas di Jawa Barat Lebihi Daya Tampung

Kompas.com - 12/07/2013, 15:18 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat I Wayan K Dusak mengatakan, dari 31 lembaga pemasyarakatan (lapas) yang ada di wilayah Jawa Barat, 29 lapas dipastikan melebihi daya tampung.

"Ada 31 lapas, hampir semua over kapasitas," kata I Wayan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/7/2013).

Wayan mengatakan, dua lapas yang tidak melebihi daya tampung adalah Lapas Sukamiskin dan Lapas Cirebon.

Saat dimintai pendapat tentang kericuhan yang terjadi di Lapas Kelas I Tanjung Gusta, Medan, I Wayan mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi hal-hal yang bisa menimbulkan kerusuhan.

"Kita tidak menampik tapi juga tidak berharap, yang penting kita coba antisipasi hal-hal yang dapat menimbulkan kerusuhan," imbuhnya.

Salah satu langkah antisipasinya adalah, setiap kepala lapas atau kepala rumah tahanan diinstruksikan untuk turun langsung memeriksa fasilitas yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan para narapidana.

"Gangguan keamanan harus ditangani langsung oleh kalapas. Kita tentunya harus mengoptimalkan petugas jaga, termasuk jaga malam," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com