Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amblas akibat Gempa, Tiga Desa di Aceh Direlokasi

Kompas.com - 11/07/2013, 23:20 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com
— Penduduk di tiga desa yang amblas akibat gempa di Kabupaten Aceh Tengah akan direlokasi. Masing-masing adalah Desa Bah dan Desa Serempah di Kecamatan Ketol dan Desa Kute Panang di Kecamatan Kute Panang, Kabupaten Aceh Tengah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh, Abubakar Karim, mengatakan, warga sudah sepakat untuk direlokasi karena perkampungan mereka yang memang tidak mungkin dihuni lagi.

“Dua desa yang sudah setuju untuk relokasi adalah Desa Serempah dan Desa Kute Panang, mereka memang harus pindah dari lokasi semula dan bergeser ke titik lain, sementara untuk Desa Bah, warga masih harus duduk kompromi lagi,” kata Abubakar Karim, Kamis (11/7/2013).

Pemindahan warga ini didasarkan pada kondisi desa yang memang sudah tidak layak lagi dihuni. “Mereka bukan dipindahkan ke desa lain atau ke kecamatan lain karena itu tidak mungkin, mereka hanya dipindah titik lokasinya saja, pindah ke lokasi yang lebih baik, bukan dipinggir tebing atau di jalur bukit seperti sebelumnya,” ujar Abubakar Karim.

Gempa yang berkedalaman 10 kilometer telah mengubah wajah Desa Serempah dari sebuah desa yang asri dan rimbun, menjadi hamparan tanah yang penuh dengan puing-puing, bahkan tanah desa ini amblas ke dalam hingga mencapai 200 meter.

Tercatat 11 rumah amblas ke dalam tanah, sementara puluhan rumah lainnya roboh dan mengalami kerusakan berat.

Marzuki (45), warga Desa Serempah, mengaku tidak ingin kembali lagi ke desanya. “Kami tidak mungkin kembali, sebagian tanah sudah jatuh, mau tinggal di mana lagi kami, kami minta dipindahkan saja,” ujar Marzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com