Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Berhasil Tangkap 10 Napi yang Sempat Kabur

Kompas.com - 11/07/2013, 22:37 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 10 narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan Klas I, Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, ditangkap, Kamis (11/7/2013) malam. Kepolisian masih melakukan upaya pengejaran terhadap ratusan narapidana lainnya yang melarikan diri.

"Petugas Kepolisian masih terus mengantisipasi kaburnya napi dan berupaya menangkap kembali yang sudah kabur, antara lain berhasil menangkap 10 napi," tulis Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Ronny Franky Sompie melalui pesan singkat.

Para napi yang berhasil ditangkap saat ini diamankan di Rutan Polres Belawan dan Polres Langkat. Sebab, kondisi lapas yang dibakar belum memungkinkan. Adapun jumlah tahanan yang kabur belum dapat dipastikan. Diperkirakan sekitar seratusan tahanan yang melarikan diri.

"Jumlah tahanan yang kabur dari Lapas Tanjung Gusta masih simpang siur. Kami masih menunggu info terakhir dari yang berkompeten, yaitu Kalapas atau Kadinas Kumham Provinsi Sumut yang mengetahui kebenaran jumlah napi yang ada dan yang kabur dari lapas," terang Ronny.

Sebelumnya diberitakan, sekitar 150 narapidana melarikan diri pada Kamis (11/7/2013) pukul 18.30. Mereka keluar melalui pintu portir Lapas Tanjung Gusta, Medan. Massa juga membakar gedung perkantoran.

Diduga sekitar 15 petugas disandera di dalam lapas. Adapun penghuni lapas klas 1, Medan, tercatat berjumlah 2.400 orang. Hasil pemeriksaan sementara, kerusuhan narapidana dipicu mati listrik dan kekurangan air sejak pukul 05.00.

Lihat foto-foto ukuran besar tentang "Kerusuhan di Lapas Medan" di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com