Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Banjir Pangandaran Belum Terima Bantuan

Kompas.com - 11/07/2013, 17:38 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com - Ratusan korban banjir di Desa Pananjung, Pangandaran, belum mendapatkan bantuan tanggap darurat dari pemerintah setempat sampai sekarang. Padahal, mereka belum bisa pulang ke rumah, dan masih mengungsi di penampungan karena banjir belum surut disertai hujan masih mengguyur wilayah tersebut.

"Sampai sekarang belum ada bantuan dari pemerintah setempat, warga sebagai korban banjir masih mengungsi," ujar Andi Sose, salah seorang warga Pangandaran, Kamis (11/7/2013).

Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Diky Erwin, membenarkan pihaknya belum menyerahkan bantuan tanggap darurat. Pasalnya, pihaknya belum mendapatkan data pasti jumlah korban banjir di Pangandaran.

"Bagaimana kami menyalurkan bantuan, datanya kami belum mengetahui jumlah pastinya berapa?" tegas Diky saat dihubungi, Kamis sore.

Diberitakan sebelumnya, ratusan rumah di wilayah Pangandaran dan Cijulang, Ciamis, terendam banjir akibat Sungai Cikidang meluap setelah diguyur hujan selama tiga hari, mulai Selasa sampai Kamis (11/7/2013) pagi.

Sesuai data sementara dari kepolisian, tercatat sebanyak 269 rumah warga di Kecamatan Pangandaran terendam banjir. Luapan air mencapai ketinggian satu meter di dalam rumah warga.

Dari jumlah itu, sebanyak 239 rumah terendam air luapan sungai mencapai satu meter di wilayah Karang Salam, Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. Sedangkan 30 rumah lainnya terdapat di Dusun Bojongjati RT 01/06 Desa Pananjung, Pangandaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com