Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Khofifah Serbu Kantor KPU Jatim

Kompas.com - 11/07/2013, 17:32 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Puluhan pendukung calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah, mendatangi Kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis, Surabaya, Kamis (11/7/2013).

Mereka mempertanyakan independensi KPU Jatim dalam proses penetapan cagub-cawagub Jatim. Massa yang tergabung dalam Komunitas Pendukung Khofifah (KPK) itu membawa berbagai poster kecaman kepada KPU. Selain itu, mereka juga membawa ratusan lembar uang palsu sebagai simbol KPU Jatim telah kehilangan independensi karena disuap oleh pasangan calon tertentu.

Massa masih mempertanyakan langkah KPU yang menilai bahwa pasangan Khofifah-Herman masih belum dapat lolos akibat polemik dukungan ganda dua partai nonparlemen, yakni PPNUI dan PK.

''Harusnya setelah surat rekomendasi dukungan partai turun, KPU langsung menganggap sah dukungan karena sudah melalui mekanisme yang sah,'' ujar koordinator aksi, Salim Assyuri.

Dalam aksinya, selain bergantian berorasi, massa juga berdoa dan menggelar istigasah di depan pintu masuk kantor KPU Jatim. Ada pula aksi teatrikal yang mengisahkan matinya demokrasi oleh kekuatan penguasa.

Pleno komisioner KPU Jatim dalam menentukan pasangan cagub-cawagub Jatim digelar sejak 8 Juli hingga 14 Juli mendatang. Agenda pleno yang paling hangat adalah terkait polemik dukungan ganda PPNUI dan PK.

Bagi pasangan Khofifah-Herman, dukungan itu sangat strategis sebagai syarat utama dukungan partai yang dipatok minimal 15 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com