Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir 1,5 Meter Rendam Ribuan Rumah di Pinrang

Kompas.com - 11/07/2013, 13:11 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


PINRANG, KOMPAS.com — Ribuan rumah dan areal persawahan di Kecamatan Paleteang, Pinrang, Sulawesi Selatan, terendam banjir setinggi lebih dari 1,5 meter sejak Kamis (11/7/2013) dini hari.

Hal ini mengakibatkan lumpuhnya aktivitas warga. Harta milik warga, seperti kendaraan bermotor, pupuk, dan gabah, tidak bisa diselamatkan.

Meskipun demikian, sebagian besar warga memilih bertahan di rumah masing-masing sambil berharap banjir segera surut. 

Banjir tahunan di Kecamatan Paleteang juga merendam jalan hingga menyebabkan arus lalu lintas terhambat.

Banyaknya sampah yang terbawa arus banjir dari perkebunan dan persawahan di sekitarnya menyebabkan sejumlah kanal dan saluran air tersumbat.

Menurut Anto, warga Madimeng, sungai dan kanal tidak bisa menampung debit air yang meningkat akibat tingginya curah hujan dalam 24 jam terakhir. Luapan air dari kanal dan sungai pun merendam sawah yang baru ditanami, serta merendam ribuan rumah di Paleteang, Madimeng, dan Corawali.

Menurut Anto, kanal-kanal dan saluran air sudah tidak memadai karena tidak pernah diperbaiki. Daya tampungnya pun sudah tidak sesuai dengan debit air, terutama pada musim hujan. Karena itu, daerah tersebut langganan banjir.

"Warga terpaksa mengungsikan barang berharga mereka seperti kendaraan atau padi ke tempat aman karena khawatir banjir masih akan terjadi mengingat curah hujan masih terus turun," ujar Anto.

Warga lainnya, Muhammad Amin, mengaku hanya bisa pasrah ketika luapan air mulai menggenang di rumahnya. Dia tidak sempat menyelamatkan barang-barang seperti sepeda motor, mobil, ataupun gabah yang disimpan di kolong rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com