Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, 269 Rumah di Pangandaran Terendam Banjir

Kompas.com - 11/07/2013, 11:07 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


CIAMIS, KOMPAS.com - Ratusan rumah di Pangandaran dan Cijulang, Ciamis, terendam banjir akibat sungai Cikidang meluap setelah diguyur hujan selama tiga hari dari Selasa sampai Kamis (11/7/2013) pagi. Luapan air mencapai ketinggian satu meter di dalam rumah warga.

Berdasarkan data sementara dari kepolisian, tercatat sebanyak 269 rumah warga di Kecamatan Pangandaran terendam banjir. Sebanyak 239 rumah di antaranya berada di Karang Salam, Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. Sedangkan sisanya di Dusun Bojongjati RT 01/06 Desa Pananjung, Pangandaran.

"Sementara ini belum ada laporan korban jiwa akibat bencana ini. Kami pun sudah menurunkan 120 anggota untuk membantu korban banjir di lokasi kejadian," jelas Kepala Polisi Resor Ciamis AKBP Witnu Urip Laksana saat dihubungi, Kamis (11/7/2013) pagi.

Menurut Witno, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat guna membantu mengevakuasi korban banjir. Sesuai informasi yang diterimanya, banjir disebabkan hujan tak henti-hentinya mengguyur Pangandaran selama tiga hari terakhir. Air sungai di lokasi itu meluap dan meluber ke permukiman warga sekitar sungai.

"Informasi banjir akibat sungai Cikidang meluap," singkat Witnu.

Sampai sekarang, belum ada keterangan resmi dari pemerintah setempat terkait bencana ini. Namun, petugas penanggulangan bencana, kepolisian, TNI dan warga masih berupaya membantu korban banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com