Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Masjid Jadi Sasaran Kejahatan!

Kompas.com - 11/07/2013, 06:12 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Tindak kejahatan pencurian sepeda motor diprediksi mengalami kenaikan selama Ramadhan. Sejumlah tempat patut diwaspadai karena sering menjadi sasaran empuk kawanan penjahat, mulai dari pasar, kompleks perumahan, kos-kosan, swalayan, bahkan masjid.

"Jangan berpikir hanya shalat lima menit atau masuk ke dalam swalayan kecil yang 24 jam hanya satu atau dua menit, lantas (kendaraan) ditinggal tanpa kunci. Justru itulah yang menjadi sasaran kejahatan," kata Kapolres Garut, AKBP Umar Surya Fana, Rabu (10/7/2013).

Data dan analisis kepolisian Garut, ujar Surya, menunjukkan fakta menarik tentang tindak kejahatan pada setiap Jumat. Pada setiap hari itu, polisi mendeteksi peningkatan pencurian dengan modus pecah kaca mobil, saat pemilik mobil melaksanakan shalat Jumat.

"Tiap Jumat banyak anggota yang disebar ke setiap masjid, karena tren pecah kaca itu terjadi pada hari Jumat," jelas Kapolres. Dia mengakui keterbatasan polisi sehingga meminta dukungan masyarakat untuk bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

"Selain kami meningkatkan patroli, kami juga minta masyarakat meningkatkan keamanan di lingkungan masing-masing," kata Surya. Misalnya, sebut dia, bila parkir biasakan di tempat terbuka dengan cukup pencahayaan. Lalu, tambah dia, bila perlu gunakan kunci tambahan, tak hanya mengandalkan kunci standar bawaan pabrikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com