Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Puasa, Jemaah Sattariyah di Medan Baru Akan Rukyat

Kompas.com - 10/07/2013, 19:22 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis


MEDAN, KOMPAS.com — Jemaah tarekat Sattariyah di Kota Medan belum melaksanakan ibadah puasa Ramadhan hari ini. Mereka baru akan menentukan awal Ramadhan setelah melakukan rukyat senja nanti, Rabu (10/7/2013). 

Berdasarkan penghitungan mereka, para pengikut Syekh Burhanuddin dari Nagari Ulakan, Padang Pariaman, Sumatera Barat, ini berkeyakinan hari ini masih 29 Syakban 1434 Hijriah. 

"Sesuai penghitungan kami dengan menyatukan antara huruf tahun dan bulan, kami baru akan melakukan rukyat nanti sore sebelum maghrib," kata Mukhtar, salah seorang jemaah yang juga nazir Masjid Syekh Burhanuddin, di Jalan Rawa II Gang Sempurna, Medan Denai, Medan. 

Menurutnya, jika bulan telah terlihat pada rukyat nanti, jemaah Sattariyah di Medan akan memulai ibadah puasa besok, Kamis (11/7/2013).

"Kalau bulan terlihat, kami akan langsung melaksanakan shalat tarawih malam ini," katanya lagi.

Seandainya mereka tetap tidak melihat bulan, jemaah Sattariyah akan menggenapkan Syakban menjadi 30 hari. Mereka baru berpuasa pada Jumat (12/7/2013).

Mukhtar menjelaskan, jemaah Sattariyah di Kota Medan berjumlah sekitar ribuan orang. Mereka merupakan bagian dari sekitar 3.000 keluarga dari Nagari Ulakan yang tersebar di Kota Medan. Jumlah itu belum ditambah jemaah Sattariyah yang berasal dari daerah-daerah lain di Sumatera Barat.

Terdapat tiga masjid dan lima mushala di kawasan Medan Denai sekitarnya yang menjadi pusat ibadah jemaah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com