Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa Hari Pertama, Banyak PNS Tasikmalaya Bolos

Kompas.com - 10/07/2013, 12:11 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pada hari pertama bulan Ramadhan, Rabu (10/7/2013), banyak pegawai negeri sipil (PNS) di di kantor Kabupaten Tasikmalaya yang tidak masuk kerja. Suasana kantor terlihat lengang dan sejumlah kursi pegawai di berbagai ruangan tampak kosong.

Pantauan Kompas.com, hingga sekitar pukul 10.00 WIB, tidak terlihat kesibukan  pegawai di beberapa ruangan kantor bupati. Sebagian ruangan kantor malah tidak diisi para pegawainya. Bahkan ada ruangan yang masih terkunci, padahal biasanya ruangan itu selalu disibukkan dengan pelayanan publik.

"Ini yang sekarang tidak masuk bisa sampai sekitar 50 persen dari seluruh jumlah pegawai.. Sudah biasa dari dulu, setiap masuk pertama puasa, banyak yang tidak masuk kerja," terang salah seorang PNS yang enggan namanya disebut, Rabu pagi.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya Ema Somantri mengatakan, para PNS yang tidak masuk hari ini telah meminta izin sebelumnya. Meskipun demikian, lanjut Ema, ada pegawai yang membolos karena tidak memberi keterangan apapun.

"Tercatat PNS yang masuk 80 persenan, dan sisanya memang gak masuk kerja dengan berbagai alasan," tambah dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir menambahkan, selama bulan puasa jam kerja pegawai negeri sipil (PNS) di Tasikmalaya dikurangi satu jam setiap hari. "Biasanya para pegawai pulang pukul 16.00, sekarang memasuki puasa pulangnya pukul 15.00," terang Kodir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com