Jumat, 19 September 2014

News / Regional

Kakak Jadi Wagub, Adik Jadi Bupati

Selasa, 9 Juli 2013 | 15:48 WIB
KOMPAS.com/ M ANAS Irsyad Yusuf dilantik sebagai Bupati Pasuruan periode 2013-2018 oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Pendopo Nyawiji Wenganing Gusti, Selasa (9/7/2013).
PASURUAN, KOMPAS.com — Irsyad Yusuf, adik Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, akhirnya resmi menjabat sebagai Bupati Pasuruan periode 2013-2018 setelah dilantik Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Pendopo Nyawiji Wenganing Gusti, Selasa (9/7/2013).

Pelantikan kader Partai Kebangkitan Bangsa itu terasa lengkap karena Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyaksikan langsung proses pengambilan sumpah tersebut.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dan Riang Kulup Prayuda, memang tergolong istimewa. Sidang pengambilan sumpah bupati-wakil bupati yang biasa dilakukan di kantor DPRD kini digelar di kantor pendopo dengan pengamanan yang ketat.

Ada tak kurang dari 750 polisi disiagakan di sejumlah titik sekitar Alun-alun Pasuruan. Selain itu, sejumlah kepala daerah lainnya juga turut hadir, antara lain Bupati Sidoarjo Syaiful Illah, Bupati Probolinggo Tantri Hasan Aminuddin, Wali Kota Malang terpilih Abah Anton, serta sejumlah tokoh lainnya.

"Saya sangat bersyukur karena acara pelantikan ini berlangsung sukses dan bayak tokoh dan ulama yang hadir," ujar Irsyad Yusuf.

Namun, saat disinggung soal kemenangannya sebagai awal dukungan kakaknya (Saifullah Yusuf) untuk maju dalam Pilgub Jatim pada 29 Agustus 2013 mendatang, Irsyad mengelak. Sebab, dia saat ini berkonsentrasi membuat Pasuruan lebih maju lagi.

"Tidak ada itu, yang jelas besok sudah mulai bekerja," ujarnya.

Pasangan Irsyad Yusuf dan Riang Kulup Prayuda (Gagah) terpilih dalam pemilihan pada 3 Maret 2013 lalu. Pasangan yang diusung PKB dan Partai Demokrat itu meraih suara 309.416 atau 41,47 persen mengungguli empat pasangan lainnya.

Penulis: Kontributor Pasuruan, Moh. Anas
Editor : Glori K. Wadrianto