Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22.135 Korban Gempa Aceh Tinggal di Pengungsian

Kompas.com - 07/07/2013, 21:58 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

ACEH TENGAH, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, sebanyak 22.135 jiwa di Aceh Tengah dan Bener Meriah saat ini tinggal di pengungsian. Sebagian besar, pengungsi tinggal di tenda-tenda di dekat rumahmereka yang hancur atau rusak ringan.

Namun berbeda dengan pencatatan Posko Induk Gempa Aceh Tengah dan Bener Meriah, BNPB mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat gempa sebanyak 40 orang dan empat orang masih hilang.

Jumlah korban luka berat sebanyak 63 orang, 2.362 orang rawat jalan. Kerusakan rumah mencapai 15.919 unit, sedangkan 623 unit banguan fasilitas umum rusak.

Jumlah korban di Aceh Tengah terus bertambah dan lebih parah dibandingkan di Bener Meriah. Di Aceh Tengah, 232 desa dari 352 desa terdampak gempa. "Sebanyak 31 orang meninggal dunia, empat orang hilang," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (7/7/2013).

Di Bener Meriah, delapan desa dari 233 desa terdampak gempa langsung. Sebanyak sembilan orang meninggal dunia, 23 luka berat. Jumlah pengungsi gempa di kabupaten ini mencapai 2.265 orang.

"Pengungsi perlu memperoleh bantuan tenda dan selimut karena daerahnya pegunungan, yang pada malam hari suhunya mencapai 14 derajat celsius," kata dia.

Rumah rusak di Bener Meriah sebanyak 2.057 unit, 662 unit di antaranya rusak berat, 311 rusak sedang, dan 1.184 rusak ringan. Fasilitas umum yang rusak sebanyak 76 unit. Bantuan untuk korban dan pengungsi terus berdatangan.

Sabtu (6/7/2013) kemarin, bantuan Presiden sebanyak empat truk telah tiba di Bener Meriah. "BNPB mengirimkan lebih 40 ton bantuan logistic dan peralatan ke Aceh," tandas Sutopo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com