Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Aceh, Gempa Guncang Tasikmalaya

Kompas.com - 05/07/2013, 17:39 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Setelah Aceh, gempa bumi mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa di barat daya Kabupaten Tasikmalaya berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) dirasakan sejumlah warga Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Pangandaran, dan Garut, Jawa Barat, Jumat (5/7/2013) sore.

"Tidak lama, cuma satu dua detik-an, tapi sangat terasa," kata seorang warga Garut Kota, Syarif.
    
Berdasarkan laporan situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di 8.15 LS - 107.91 BT dengan kedalaman 21 kilometer atau 73 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya. Gempa tidak berpotensi tsunami itu terjadi sekitar pukul 16.40 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, guncangan gempa dirasakan oleh sejumlah warga di Kabupaten Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran yang berlangsung cepat.    
    
Gempa juga dirasakan warga Kota Tasikmalaya, Sandi, yang menghubungi Antara melalui saluran teleponnya mengaku guncangan gempa berlangsung relatif cepat dan cukup kuat.

"Terasanya sebentar, tapi membuat saya kaget," kata warga Kecamatan Indihiang, Tasikmalaya, itu.

Seorang warga pesisir Pantai Pangandaran, Nana Suryana, mengatakan, gempa hanya dirasakan sejumlah warga dengan guncangan tidak terlalu besar.
    
Ia mengatakan, gempa tersebut tidak membuat panik warga dan wisatawan Pantai Pangandaran.

"Aktivitas di pantai normal seperti biasa, tidak ada kepanikan, karena gempanya juga kecil," katanya.

Belum ada laporan resmi apakah dampak gempa tersebut menimbulkan kerusakan bangunan rumah atau fasilitas umum lainnya di wilayah pantai Tasikmalaya dan Garut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com