Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Gempa Aceh Jadi 30 Orang

Kompas.com - 04/07/2013, 13:34 WIB
Wisnubrata

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa data sementara mencatat 30 orang meninggal dunia dalam gempa berkekuatan 6,2 skala Richter yang melanda Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (3/7/2013).

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (4/7/2013), Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, selain 30 korban tewas, tercatat 12 orang hilang, dan 275 warga lainnya terluka.

Perinciannya, di Bener Meriah 12 orang tewas dan 109 korban luka-luka, sementara di Aceh Tengah 18 orang meninggal dan 12 orang hilang, serta 166 terluka.

Korban luka-luka semuanya dirawat di rumah sakit atau puskesmas serta sebagian lainnya menjalani rawat jalan. Korban yang menderita luka serius dirujuk ke RS Banda Aceh.

Pada Rabu (3/7/2013) sekitar pukul 13.00 WIB, empat anak diterbangkan dari Bener Meriah ke RS Banda Aceh untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Sutopo menjelaskan, semua korban meninggal sudah teridentifikasi, baik nama, usia, maupun alamat yang bersangkutan. Sebagian besar korban adalah anak-anak dan warga lanjut usia yang tertimpa reruntuhan bangunan.

"Penanganan darurat gempa bumi di Bener Meriah dan Aceh Tengah terus dilakukan. Fokus utama pada hari ketiga masih dilakukan upaya pencarian dan penyelamatan korban, layanan kesehatan, dan pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi," papar Sutopo.

Menurut catatan BNPB, di Kabupaten Bener Meriah 789 rumah rusak, dengan perincian 537  rumah mengalami rusak sedang hingga berat dan 252 unit rumah rusak ringan.

Di kabupaten tersebut, sejumlah jalan rusak akibat tertimbun tanah longsor dan delapan fasilitas umum seperti puskesmas, sekolah, masjid, serta kantor desa juga rusak.

Belum diketahui pasti jumlah warga yang mengungsi karena saat ini pihak berwenang masih mendata. Sementara itu, di Kabupaten Bener Meriah terdapat 15 titik pengungsian.

Di Kabupaten Aceh Tengah, tercatat 3.505 rumah rusak, 1.368 di antaranya rusak berat dan  2.135 lainnya rusak ringan. Sementara itu, 75 fasilitas umum juga mengalami kerusakan. Seperti di Bener Meriah, terdapat 20 titik pengungsian, tetapi jumlah pengungsi masih dalam pendataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com