Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa, Banyak Bangunan Retak di Aceh Tengah

Kompas.com - 02/07/2013, 16:41 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com
 — Puluhan rumah di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,2 skala Richter yang mengguncang wilayah itu, Selasa (2/7/2013) pukul 14.37 WIB.

Kerusakan meliputi dinding yang retak dan tiang yang patah. "Beberapa bangunan publik juga mengalami keretakan, seperti Rumah Sakit Datu Beru. Semua (orang) panik," ungkap Dedi, warga Aceh Tengah.

Saat ini, aliran listrik pun padam dan jaringan komunikasi mengalami gangguan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa terjadi pada posisi 4.70 LU, 96.61 BT, 35 km barat daya Kabupaten Bener Meriah, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa itu menimbulkan kepanikan warga, termasuk di Banda Aceh. Mereka langsung berlarian keluar dari rumah dan gedung-gedung.

Poppy, seorang karyawan swasta di Banda Aceh, mengaku sangat terkejut ketika merasakan guncangan gempa. "Saya kebetulan baru berkunjung ke gedung Infokom di lantai dua, lalu terasa guncangan kuat. Sempat panik juga," katanya.

Guncangan dirasakan sebagian besar masyarakat di Aceh, seperti Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara, dan Kota Langsam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com