Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Papua Merdeka, Mahasiswa Kibarkan Bintang Kejora

Kompas.com - 01/07/2013, 12:08 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Belasan mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) menggelar aksi menuntut Papua merdeka di Bundaran Gladag, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/7/2013).

Mereka menganggap kemerdekaan di Papua merupakan solusi demokratisasi bagi rakyat Papua. Dalam aksi itu mereka juga membawa bendera Bintang Kejora. Mereka juga berorasi secara bergantian.

"Kami mendesak pemerintah saat ini untuk segera memberikan kemerdekaan kepada rakyat Papua, karena rakyat Papua sudah banyak menderita di tanah sendiri. Kita tuntut adanya referendum untuk menentukan nasib kita," kata John Waine, koordinator aksi.

Mereka menuntut penarikan anggota TNI organik dan non-organik dari Papua. Mereka menganggap TNI sudah melakukan segala bentuk kejahatan kemanusiaan. 

Selama demonstrasi itu berlangsung, tidak terlihat penjagaan terlalu ketat dari aparat keamanan. Hanya tampak beberapa polisi yang mengatur kelancaran lalu lintas.

Aksi itu berlangsung selama sekitar dua jam. Kemudian seorang polisi mendatangi mereka dan meminta aksi dihentikan karena mereka membawa bendera Bintang Kejora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com