Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

42 Peserta Rapat dari Kemenag dan Kementan Keracunan

Kompas.com - 28/06/2013, 19:04 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 42 orang dari Kementerian Agama dan Kementerian Pertanian keracunan makanan. Hal itu terjadi saat mereka menghadiri rapat di Hotel Perdana Wisata, Jalan Sudirman, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6/2013).

Kepala Polsek Andir Kompol Janter Nainggolan mengatakan, 42 orang yang diduga keracunan makanan itu saat ini dilarikan ke Rumah Sakit Santosa, Jalan Kebon Jati, Bandung.

"23 orang dari Kementerian Agama, 15 orang dari Kementerian Pertanian, dan empat orang dari pihak hotel," kata Janter kepada wartawan seusai menggeledah hotel tersebut.

Peristiwa itu berawal sejak sekitar jam 10.00 WIB. Saat itu sudah ada peserta meeting yang merasa mual dan bahkan muntah. "Puncaknya, yang terasa mual-mual dan muntah-muntah parah terjadi pada pukul 13.00 WIB, jadi bertambah banyak," kata Janter.

Polisi kemudian menyita sejumlah makanan dan minuman yang diduga menjadi penyebab keracunan. Mulai dari nasi, lemper, sirup, molen, susu, makaroni, teh, kopi, hingga bekas muntahan para peserta rapat pun dikumpulkan.

"Makanan dan minuman termasuk muntahan itu akan kita bawa ke BPOM untuk dilakukan penelitian lebih lanjut," kata Janter.

Hingga berita ini diturunkan, sebagian besar korban masih berada di RS Santosa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com