Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Hambat Aktivitas Warga Palopo

Kompas.com - 28/06/2013, 10:17 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

PALOPO, KOMPAS.com — Banjir bandang yang melanda Kota Palopo, Sulawesi Selatan, sejak Kamis (27/6/2013) sekitar pukul 21.30 Wita malam tadi, mengakibatkan terganggunya aktivitas warga.

Air bercampur lumpur dari luapan Sungai Amassangeng, yang membelah Kota Palopo, merendam ratusan rumah warga yang bermukim di dekat aliran sungai tersebut serta sejumlah fasilitas umum.

Jalan-jalan juga digenangi air yang cukup tinggi sehingga sulit dilalui kendaraan. Jalan-jalan tersebut antara lain Jalan Malaja, Cakalang, Jalan Andi Djemma, dan beberapa ruas jalan di wilayah Kelurahan Pontap.

Hal ini membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo bersama petugas kepolisian setempat sibuk mengatur arus lalu lintas. Petugas mengalihkan kendaraan melintasi jalan yang aman dari banjir agar pengendara tidak terjebak.

Saat ini, distribusi air bersih ke rumah-rumah terganggu karena penampungan dan penyaringan air baku milik PDAM yang berada di Sungai Latuppa dan Bambalu dipenuhi lumpur dan batu yang ikut terbawa arus air malam tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com