Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Penyaluran BLSM di Magelang Tertunda?

Kompas.com - 26/06/2013, 21:27 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – PT Pos Indonesia (Persero) area Magelang masih menunggu kedatangan kartu perlindungan sosial (KPS) dari pemerintah pusat sebelum dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tersebut disalurkan kepada masyarakat.

BLSM merupakan kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Agus Sulistyo, Kepala Kantor Pos Magelang memperkirakan baru akan menerima KPS pada Rabu-Kamis tanggal 26-27 Juni 2013.

"Kalau KPS itu sudah diterima oleh yang berhak, dana BLSM langsung kami distribusikan," ungkap Agus, Rabu (26/6/2013).

Agus menyebutkan, untuk wilayah Kabupaten dan Kota Magelang, rencananya dana BLSM baru akan dibagikan sekitar awal bulan Juli. Sejauh ini pihaknya telah melakukan persiapan. Seperti membuat jadwal, menginventarisasi petugas, tenaga harian lepas (PHL) pendistribusi BLSM, hingga menentukan lokasi atau tempat-tempat pendistribusian.

"Kami juga sudah berkoordiansi dengan pemkab dan pemkot Magelang serta Polres dan Polres Magelang Kota," ungkap Agus.

Adapun jumlah total penerima BLSM untuk Kota Magelang mencapai 4.501 penerima, sedangkan Kabupaten sebanyak 90.150 penerima. Selain mendapatkan KPS, pada Sabtu, 29 Juni 2013 mendatang, Kantor Pos Kota Magelang juga akan menerima dana BLSM sebesar Rp 28. 395.300.000.

Sementara untuk mekanisme penyaluran, Agus melanjutkan KPS akan didistribusikan melalui 19 kantor pos cabang. Selanjutnya, kantor pos cabang sendiri yang akan membagi kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com