Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Mengaku Punya Kesamaan dengan Jokowi

Kompas.com - 25/06/2013, 20:25 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Ridwan Kamil-Oded M Danial yang disingkat "Rido" unggul dengan perolehan 44,55 persen suara versi hitung cepat beberapa lembaga survei.

Perolehan suara yang besar itu mengingatkan kita pada perolehan suara pasangan Joko Widodo dan Basuki dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun lalu.

Menanggapi kemenangannya, Ridwan pun mengaku dirinya mempunyai semangat yang sama dengan Jokowi. "Saya dan Pak Jokowi punya semangat yang sama, semangat untuk perubahan. Memang di antara kita ini masing-masing berbeda, tapi semangatnya sama," kata Ridwan saat ditemui di Jalan RE Martadinata, Bandung, Selasa (25/6/2013).

Ridwan menyatakan, warga butuh pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang berbeda, seperti halnya Jokowi. "Pak Jokowi memang mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda, beliau mempunyai gaya kepemimpinan baru, kepemimpinan yang lebih horizontal. Artinya horizontal itu lebih banyak turun ke lapangan," kata Ridwan.

Ridwan pun mengaku demikian. Bahkan, jika memang betul-betul terpilih dan sudah resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang, Ridwan akan melakukan pola yang sama.

"Saya juga lebih suka turun langsung ke lapangan, jadi saya bisa tahu kondisi masyarakat yang sebenarnya itu seperti apa. Saya akan turun langsung untuk membangun Bandung, tentunya dengan konsep, kemampuan, keterampilan yang saya punya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com