Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Guru di Aceh Datangi Unsyiah Tuntut Sertifikasi

Kompas.com - 25/06/2013, 13:54 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Puluhan guru dari 32 kabupaten/kota di Provinsi Aceh menuntut Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) memberikan sertifikasi kepada 1.500 guru peserta Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Sebab, Unsyiah adalah penyelanggara PLPG bagi para guru yang tak lolos ujian sertifikasi pada periode 2011/2012.

Tuntutan tersebut disampaikan guru yang tergabung dalam Asosiasi Guru Nanggroe Aceh Darussalam (Asgunad) di Gedung Biro Rektor Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (25/6/2013).

"Kami menuntut pihak Unsyiah untuk memberikan sertifikasi kepada 1.500 orang guru yang sudah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) yang diselanggarakan oleh Unsyiah pada tahun 2011 dan 2012 lalu, karena guru yang belum mendapatkan sertifikasi itu rata-rata mereka sudah mengabdi menjadi tenaga pendidik hampir lebih 40 tahun," beber Cut Aslimah Hamid, koordinator aksi kepada Kompas.com, Selasa.

Cut Aslimah menambahkan, peserta yang sudah mengikuti PLPG pada tahun 2011 dan 2012 tidak perlu dites lagi untuk mendapatkan sertifikasi karena menurutnya ujian tersebut bukan suatu keharusan. Menurutnya, Unsyiah selaku penyelenggara ujian sertifikasi guru harus memberikan kuota sesuai yang diberikan pemerintah pusat.

Menanggapi tuntutan para guru, Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan, pihaknya tidak punya wewenang untuk menentukan jumlah kuota sertifikasi bagi guru. Sebab, Unsyiah dalam hal ini hanya sebagai penyelenggara ujian Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG).

“Kalau mau tuntut, guru tidak perlu mengikuti PLPG untuk langsung bisa mendapatkan sertifikasi, seharusnya mereka menuntut kepada Gubernur Aceh langsung, atau ke dinas terkait," katanya.

Namun demikian, Samsul berjanji akan mengirimkan surat permohonan kepada Kemendiknas agar memberikan sertifikasi bagi 1.500 guru di Aceh. Setelah berdialog dengan Rektor Unsyiah selama dua jam, para guru kemudian membubarkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com