Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Sidang Cebongan Harusnya Tak Libatkan Warga Sipil

Kompas.com - 24/06/2013, 09:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyatakan, pengamanan jalannya sidang kasus penyerangan Lapas Klas IIB Cebongan, Sleman, tidak seharusnya melibatkan masyarakat sipil, Senin (24/6/2013).

"Seharusnya, pengamanan hanya dilakukan oleh Polri dan TNI dan tidak melibatkan masyarakat," ujar Siti Noor Laila, Ketua Komnas Ham, Senin.

Komnas HAM juga meminta agar majelis hakim mengelar sidang di tempat kejadian perkara. Laila berpendapat hal itu penting dilakukan karena selama ini Oditur Militer tidak menggelar rekonstruksi kejadian.

"Hal ini penting sebab dengan digelarnya sidang di tempat akan didapati kebenaran materiil atas peristiwa tersebut," tandas Laila.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, sidang di tempat biasanya dilakukan pada agenda setelah pemeriksaan saksi dan terdakwa.

Sementara itu, hari ini, Senin (24/6/2013), sidang 12 terdakwa anggota Kopassus Kandang Menjangan Kartosura kembali digelar di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dengan agenda pembacaan eksepsi. Sidang rencananya akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com