Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Bilang Lansia Tak Bisa Produktif?

Kompas.com - 21/06/2013, 21:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Siapa bilang para orang lanjut usia (lansia) tidak bisa aktif dan produktif selayaknya orang muda? Para lansia pun bisa aktif bahkan menjadi agen penting dalam gerakan keluarga berencana (KB).

Di Kota Magelang Jawa Tengah, para lansia menjadi salah satu pendorong kesuksesan gerakan program KB. Demikian dikatakan Wulandari, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMP2KB) Kota Magelang pada kegiatan senam bersama para lansia di Alun-alun Kota Magelang, Jumat (21/6/2013).

“Para lansia di Kota Magelang selalu kita ajak untuk mendukung gerakan KB. Mereka juga menjadi contoh gerakan satu anak lebih baik atau dua anak cukup,” ujar Wulan disela-sela kegiatan.

Menurut Wulan, pihaknya selalu mengajak mereka untuk aktif berkegiatan sosial, berwisata, pengajian, dan kegiatan lainnya termasuk anak asuh. Hal tersebut, imbuh Wulan, agar mereka tetap aktif dan produktif serta menjadi contoh bagi para keluarga muda.

"Mereka juga kami beri pelatihan tentang Keluarga Lansia (BKL) dan berbagai pelatihan lainnya, seperti pelatihan membuat syrup dan tempe," katanya.

Sementara itu, dalam kegiatan senam bersama itu, diikuti oleh tidak kurang dari 600 orang lansia. Senam ini sekaligus juga memeringati hari ulang tahun lansia ke-17 yang jatuh pada 29 Mei lalu. "Biasanya, mereka melakukan senam bisa dua kali dalam seminggu," ucapnya.

Wulan menyebutkan, dari ribuan lansia yang ada di Kota Magelang, baru ada 169 kelompok lansia atau 30 orang per kelompok. Wulan memperkirakan ke depan akan ada pembentukan kelompok baru dan diperkirakan akan mencapai 189 kelompok.

Dalam kegiatan itu, turut hadir Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito beserta jajarannya. Pada kesempatan itu, Sigit mengemukakan bahwa kegiatan senam sehat lansia ini, selain agar badan sehat, juga agar para lansia tetap aktif berkegiatan dan bersosialisasi dengan masyarakat.

“Lansia memang sudah tua, tapi semangat tetap harus muda. Artinya, para lansia tetap bisa aktif dan produktif untuk kemajuan kehidupan bersama," kata Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com