Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Tol Bali Rampung 100 Persen

Kompas.com - 20/06/2013, 16:15 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Konstruksi jalan di atas perairan (JDP) atau Tol Bali yang menghubungkan Pelabuhan Benoa-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua akhirnya rampung 100 persen. Saat ini pihak kontraktor sedang melakukan finishing seperti pemasangan rambu lalu lintas.

"Kelanjutan Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai sudah menjelang selesai, konstruksi 100 persen, kita sedang lakukan finishing," ujar Dirut PT Jasa Marga Bali Akhmad Tito Karim saat konferensi pers di Kuta, Kamis (20/6/2013).

Jalan tol megah sepanjang 12,7 km ini sudah memasuki proses serah terima dengan kontraktor. Proses serah terima ditargetkan rampung pada pertengahan Juli mendatang.

Setelah proses serah terima selesai, Kementerian PU, Kementerian Perhubungan, dan Polri akan melakukan uji kelayakan jalan tol sebelum diresmikan.

"Apakah undang-undang lalu lintas sudah terpenuhi, standar-standar jalan, serta keamanan dan kenyamanan sudah terpenuhi," papar Tito.

Jika masih ada kekurangan, maka akan diserahkan ke pihak kontraktor untuk melakukan perbaikan. Jika dinilai sudah memenuhi syarat untuk beroperasi, maka Kementerian PU akan menyampaikan laporan tersebut kepada Presiden SBY untuk segera diresmikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com