Rabu, 23 Juli 2014

News / Regional

Dua Unit Jibom Ikut Amankan Sidang Kasus Cebongan

Rabu, 19 Juni 2013 | 20:04 WIB

Berita terkait

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sidang kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman yang digelar pada Kamis (20/6/2013) di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, akan dijaga ketat dari pihak TNI dan Brimob Polda DIY.

Komandan Satuan Brimob Polda DIY Kombes Pol Gatot Sudibyo mengatakan, untuk mengamankan jalannya sidang pihaknya akan menerjunkan personel yang terbagi di dua tempat yakni di Pengadilan Militer (Dilmil) dan Lapas Cebongan Sleman.

"Di Dilmil akan diterjunkan 1 satuan setingkat kompi (SSK) jumlahnya 100 personel dan 2 tim One Terror, 1 timnya 6-8 personel," terangnya, Rabu (19/6/2013).

Ia mengungkapkan personel Brimob juga akan berjaga di jalanan sekitar Pengadilan Militer. Selain itu, pihaknya juga akan menurunkan 2 unit Penjinak Bom (Jibom) yang disiagakan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dan di Lapas Cebongan.

"Ada satu tim SSK sebanyak 30 personel yang akan ditempatkan di Lapas IIB Cebongan, Sleman," katanya.

Sidang pertama kasus penyerangan Lapas yang menyebabkan tewasnya empat tahanan titipan Polda DIY dijadwalkan digelar pada Kamis (20/6/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Agenda persidangan nantinya berupa pembacaan dakwaan kepada 12 tersangka, anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Group II, Kandang Menjangan, Kartosuro.


Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Farid Assifa