Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Unit Jibom Ikut Amankan Sidang Kasus Cebongan

Kompas.com - 19/06/2013, 20:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sidang kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman yang digelar pada Kamis (20/6/2013) di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, akan dijaga ketat dari pihak TNI dan Brimob Polda DIY.

Komandan Satuan Brimob Polda DIY Kombes Pol Gatot Sudibyo mengatakan, untuk mengamankan jalannya sidang pihaknya akan menerjunkan personel yang terbagi di dua tempat yakni di Pengadilan Militer (Dilmil) dan Lapas Cebongan Sleman.

"Di Dilmil akan diterjunkan 1 satuan setingkat kompi (SSK) jumlahnya 100 personel dan 2 tim One Terror, 1 timnya 6-8 personel," terangnya, Rabu (19/6/2013).

Ia mengungkapkan personel Brimob juga akan berjaga di jalanan sekitar Pengadilan Militer. Selain itu, pihaknya juga akan menurunkan 2 unit Penjinak Bom (Jibom) yang disiagakan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dan di Lapas Cebongan.

"Ada satu tim SSK sebanyak 30 personel yang akan ditempatkan di Lapas IIB Cebongan, Sleman," katanya.

Sidang pertama kasus penyerangan Lapas yang menyebabkan tewasnya empat tahanan titipan Polda DIY dijadwalkan digelar pada Kamis (20/6/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Agenda persidangan nantinya berupa pembacaan dakwaan kepada 12 tersangka, anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Group II, Kandang Menjangan, Kartosuro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com