Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Selat Malaka Ditutupi Kabut Asap

Kompas.com - 18/06/2013, 17:16 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan wilayah perairan Selat Malaka saat ini ditutupi kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan atau lahan di Riau.

"Dari pantauan satelit NOAA 18, dalam beberapa hari terakhir memang terjadi peningkatan jumlah titik api yang begitu pesat," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Warih Budi Lestari, di Pekanbaru, Selasa (18/6/2013).

Ia mengatakan, pada Senin (17/6/2013), terdapat 113 hotspot di Sumatera yang sebagian besar ada di Provinsi Riau.

"Kemarin, untuk Riau ada 106 titik panas, sementara lebihnya berada di Jambi sebanyak tiga titik, kemudian Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung masing-masing satu titik panas," katanya.

Sebelumnya, Minggu (16/6/2013), di Sumatera terdeteksi ada 138 hotspot, 105 di antaranya ada di Riau.

Meski demikian, ia mengatakan, kecil kemungkinan kabut asap ini akan mencemari hingga Singapura dan Malaysia karena sejauh ini kecepatan angin masih bergerak normal, yakni maksimum 5 hingga 20 kilometer per jam.

"Hanya dimungkinkan namun belum pasti. Karena wilayah yang ditemukan paling banyak titik panas adalah di wilayah pesisir Riau, kabut asap hanya menutupi kawasan perairan, khususnya Selat Malaka," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com