Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor DPD Golkar Subang Dibakar Kader Sendiri?

Kompas.com - 17/06/2013, 21:31 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pembakaran Kantor DPD Golkar Subang di Jalan Arif Rakhman Hakim, Senin, (17/6/2013), sekitar pukul 20.00 WIB diduga dilakukan oleh kadernya sendiri. Kader tersebut tidak puas akan keputusan Ketua DPD Golkar Kabupaten Subang Rumanda yang menetapkan Wakil Ketua DPD Golkar Provinsi Jawa Barat Imas Aryumningsih sebagai calon wakil bupati Kabupaten Subang periode 2013 - 2018.

Imas diputuskan oleh Rumanda sebagai calon wakil bupati dari partai Golkar mendampingi calon bupati Kabupaten Subang Ojang Sohandi yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Putusan itu diambil melalui rapat internal Golkar di Kantor DPD di hari pendaftaran terakhir bupati dan wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Subang, Senin (17/6/2013).

Dugaan ini diungkapkan Ketua Harian DPD Partai Golkar Subang Wawan Darmawan kepada Kompas.com saat dihubungi melalui sambungan telepon malam ini.

"Kalau saya menduga pembakaran kantor DPD itu dilakukan oleh kader kita sendiri. Mereka adalah para kader yang tidak menerima keputusan penetapan Ibu Imas sebagai calon wakil bupati yang diusung Partai Golkar," kata Wawan.

Hari ini adalah pendaftaran calon bupati dan wakil bupati subang ke KPU. Sebelumnya, Senin, siang tadi, ratusan kader golkar menggelar rapat di Kantor DPD Golkar penetapan calon kepala daerah dari partainya. "Mau tidak mau harus diputuskan sekarang, mengingat hari ini adalah pendaftaran calon bupati dan wakil bupati terakhir ke KPU," kata Wawan.

Setelah diputuskan Imas sebagai kader yang diusung, beberapa kader Golkar yang pada saat itu mengikuti rapat langsung mengamuk dan melontarkan protes sebagai bentuk kekecewaan atas penetapan Imas sebagai kader yang diusung Golkar. Bahkan, mereka pun sempat memecahkan kaca di dalam kantor tersebut.

Menurut Wawan, beberapa yang mengamuk itu berasal dari kelompok Kosgoro. "Beberapa orang itu mengamuk, kaca pun dipecahkan oleh mereka. Kami yang sama-sama sedang mengikuti rapat putusan kaget, banyak juga yang membubarkan diri," jelas Wawan.

Hal itulah yang membuat Wawan menduga bahwa pelakunya adalah kader dari partainya sendiri. "Kalau secara pasti saya tidak tahu siapa pelakunya, cuma kalau melihat amukan sebagian kader pada saat berjalannya rapat tadi siang, saya menduga dibakarnya kantor ini akibat itu," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kantor DPD Partai Golkar Subang di Jalan Arif Rakhman Hakim dibakar orang tak dikenal, Senin (17/6/2013). Api sempat membakar ruang rapat selama lima menit.

Ketika itu, salah satu warga berteriak setelah melihat ada api berkobar dan kepulan asap keluar dari ruang rapat kantor. Warga dan para kader yang masih hadir di kantor, langsung sigap memadamkan api dengan peralatan seadanya. Alhasil, api dapat dipadamkan. Namun, Dinas Pemadam Kebakaran Subang sempat datang ke TKP, tetapi api sudah padam. Hingga kini aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan di TKP. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com