Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo BBM, Mahasiswa Bakar Ban di Tengah Jalan

Kompas.com - 17/06/2013, 12:48 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa IAIN Walisongo menggelar aksi demontrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Aksi dilakukan di depan kampus Jalan Walisongo, Tugu, Semarang Senin (17/6/2013).

Selain melakukan orasi, para mahasiswa itu membakar ban di tengah jalan persis di jalur pantura Semarang-Kendal. Akibatnya kemacetan tidak terhindarkan di dua jalur tersebut.

Sempat terjadi bentrok antara mahasiswa dan petugas kepolisian saat mereka diminta untuk masuk ke dalam lingkungan kampus. Para mahasiswa juga sempat bersitegang dengan para pengguna jalan yang merasa terganggu.

Koordinator lapangan Amri Zarois mengatakan para mahasiswa menolak kebijakan kenaikan BBM. "Kenaikan harga BBM akan diikuti kenaikan harga pokok lainnya, hal ini tentu akan sangat meresahkan masyarakat," tandasnya.

Selain itu mereka juga menolak keras kebijakan pemerintah terkait adanya bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) sebagai dampak dari kenaikan harga BBM. Hal itu menurutnya justru menjadi pembodohan bagi masyarakat Indonesia. "Tidak menutup kemungkinan dalam penyaluran BLSM ini ada unsur intervensi politik," ujarnya.

Sebab itu para mahasiswa itu meminta pemerintah untuk menyediakan etos kerja yang luas, serta pembangunan ekonomi usaha kecil menengah. "Hal inilah yang harusnya diperjuangkan pemerintah, bukan kebijakan yang bersifat jangka pendek dan pragmatis," tandasnya.

Aksi demonstrasi ini juga dilakukan sejumlah mahasiswa dan elemen masyarakat di berbagai titik di Kota Semarang. Antara lain di depan Gedung DPRD Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com