Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Gelar Festival Gerobak Sapi

Kompas.com - 16/06/2013, 01:51 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 170 penarik gerobak dari DI Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah akan mengikuti festival gerobak sapi yang akan digelar di Kompleks Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (16/6/2013).

Festival gerobak sapi pertama ini digelar karang taruna Malangerjo, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak Sleman.

"Ada 170 penarik gerobak yang ikut. Acara dimaksudkan untuk membangkitkan kembali eksistensi gerobak sapi sebagai alat transportasi tradisional," kata Ketua Panitia Festival Gerobak Sapi, Bowo Hasto Nugroho, Sabtu (15/6/2013).

Ia menambahkan, festival akan diisi berbagai acara salah satunya adalah dialog antara Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan warga.

"Besok (Minggu) Sultan beserta istri, GKR Hemas akan dijemput menggunakan gerobak yang khusus didesain seniman Yogya," ujar Bowo.

Gerobak peserta festival akan dikirab dengan rute sejauh 2,5 kilometer. Selain lomba gerobak, festival dimeriahkan dengan pameran karya lukis di atas tubuh sapi, dan perlombaan fotografi.

"Akan ditentukan tiga orang pemenang. Masing-masing akan mendapat uang pembinaan, dan khusus juara satu ditambah trofi Gubernur DIY," papar Bowo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, AA Ayu Laksmi Dewi mengatakan, festival ini patut diapresiasi sebagai upaya menggali potensi budaya di tengah arus modernisasi.

"Festival gerobak sapi adalah kegiatan yang luar biasa,menyimpan filosofi budaya yang tetap harus dilestarikan," papar Laksmi Dewi (K75-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com