Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi di Poso Mulai Kondusif

Kompas.com - 15/06/2013, 12:30 WIB
Aris Prasetyo

Penulis

POSO, KOMPAS.com — Situasi di Poso, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (15/6/2013), berangsur-angsur normal pasca-pengeboman di halaman Markas Polres Poso Senin (3/6/2013) lalu. Aktivitas perekonomian masyarakat yang sempat terhenti kembali pulih seperti biasa.

Di jalanan utama di Poso, lalu lintas kendaraan berjalan normal. Tak ada lagi pemblokadean jalan di jalur trans-Sulawesi seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Namun, kewaspadaan masih tampak di Markas Polres Poso. Sementara itu, satu pintu gerbang masuk di Markas Polres Poso tertutup rapat. Adapun satu lagi di bawah pengawasan polisi bersenjata lengkap.

Pada 3 Juni lalu, halaman Markas Polres Poso sempat dihebohkan dengan ledakan bom. Salah satu pedagang di Pasar Sentral Poso, Ridwan (36), mengaku sudah tak merasa waswas lagi berjualan. Aktivitas perdagangan di Pasar Sentral Poso sempat terhenti saat massa mendatangi Markas Polres Poso pasca-penangkapan Nudin oleh Densus 88.

"Sudah tak cemas lagi sekarang. Aktivitas pedagang juga normal. Kami berharap situasi aman ini berlangsung seterusnya," kata Ridwan yang berjualan bahan pokok tersebut.

Salah satu pemilik warung makan di Jalan Sumatera, Poso, Rahayu (40), mengaku bersyukur atas pulihnya situasi di Poso. Ia kini bisa berjualan seperti sedia kala. Warungnya sempat tutup selama tiga hari sejak Senin lalu.

"Sebagai penjual makanan, keamanan sangat menentukan usaha kami. Semoga situasi aman ini terus terjaga," ucap Rahayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com