Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombak Danau Toba 2,5 Meter, Aktivitas Warga Lumpuh

Kompas.com - 14/06/2013, 22:23 WIB
Kontributor Kompas TV, Tigor Munthe

Penulis

AJIBATA, KOMPAS.com — Ketinggian ombak di Danau Toba, Sumatera Utara, naik hingga mencapai 2,5 meter. Ombak setinggi itu terlihat di sepanjang perairan dan dermaga penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Jumat (14/6/2013).

Salah seorang warga Ajibata, Elman Napitupulu (52), membenarkan ketinggian gelombang air di Danau Toba dalam tiga hari terakhir naik hingga mencapai 2,5 meter.

"Ini sudah tiga hari terakhir, ombak danau begitu tinggi," katanya.

Menurut Napitupulu, ketinggian ombak hingga 2,5 meter ini juga pernah terjadi sekitar 20 tahun yang lalu. Air danau sampai menjangkau tembok-tembok perhotelan. Bahkan, ada beberapa pelataran belakang hotel di sekitar Ajibata tergenang air akibat tingginya ombak Danau Toba.

Praktis, ombak danau yang tinggi membuat sejumlah aktivitas warga lumpuh. Sejumlah kapal motor penyeberangan yang hilir mudik ke Pulau Samosir ditunda. Beberapa restoran yang memang dekat dengan danau juga berhenti sementara waktu. Nelayan juga enggan untuk menjala ikan ke tengah danau.

"Aktivitas warga sangat terganggu dengan ombak Danau Toba yang cukup tinggi ini," kata Napitupulu.

Meski belum ada kejadian atau peristiwa kecelakaan akibat perubahan ombak danau, warga tetap mengimbau agar para wisatawan yang menikmati Danau Toba waspada, terutama yang bermaksud melakukan penyeberangan menggunakan kapal motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com