Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo BBM, Mahasiswa Makassar Rusak Motor Polisi

Kompas.com - 14/06/2013, 17:05 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Aksi anarkistis unjuk rasa mahasiswa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kembali terjadi di Makassar. Mahasiswa merusak sebuah motor milik anggota polisi lalu lintas (polantas) di depan Hotel Clarion, Makassar, Jumat (14/6/2013) petang.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, awalnya ratusan mahasiswa berdemonstrasi di depan kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) dan menutup total dua jalur di Jalan AP Pettarani yang merupakan jalan trans-Sulawesi selama lima jam. Akibatnya, arus kendaraan dialihkan ke jalur alternatif lainnya.

Penutupan Jalan AP Pettarani tentunya berimbas pada jalan lainnya di Kota Makassar, seperti Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Sultan Alauddin, dan lainnya hingga mengakibatkan kemacetan panjang di kawasan itu. Sekitar pukul 17.30 Wita, mahasiswa mulai membuka jalan dan membubarkan diri.

Mahasiswa yang beranjak pulang melihat seorang polantas sedang menyeberang jalan. Polisi tersebut hendak mengambil motornya yang terparkir depan Hotel Clarion untuk pulang ke rumahnya seusai mengatur arus lalu lintas yang macet seharian akibat unjuk rasa mahasiswa.

Namun, baru mendekat ke motor, polisi itu dikejar mahasiswa. Dia pun lari menyelamatkan diri masuk ke hotel. Mahasiswa pun melampiaskan kemarahannya terhadap motor Honda Spacy warna biru DD 6629 VP milik anggota Polantas itu. Mereka merusak motor tersebut beserta helm bertuliskan "polisi" hingga rusak.

Hingga pukul 18.00 Wita, aksi mahasiswa masih berlangsung dan menunggu kedatangan polisi. Mahasiswa ini sudah siap berperang melawan polisi yang datang membubarkan aksi demonstrasinya. Padahal, sekitar pukul 20.00 Wita, Kapolda Sulselbar yang lama, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Mudji Waluyo dan Kapolda Sulselbar yang baru, Irjen Polisi Burhanuddin Andi, akan menggelar ramah tamah di Hotel Clarion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com