Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Merapi Timbulkan Hujan Abu

Kompas.com - 14/06/2013, 14:36 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Merapi kembali mengembuskan asap berwarna putih kecoklatan setinggi 100 meter, Jumat (14/6/2013) sekitar pukul 09.20 WIB. Embusan itu memicu turunnya hujan abu di Kecamatan Srumbung, Muntilan, Magelang.

"Embusan asap terekam dari stasiun CCTV di Bronggang, Kali Gendol, dan juga teramati dari pos-pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM)," kata Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jumat.

Ia menjelaskan, embusan yang keluar dari puncak Gunung Merapi berwarna putih kecoklatan dan tingginya sekitar 100 meter condong ke arah barat. "Embusan itu menyebabkan abu tipis di beberapa tempat," kata Surono.

Surono mengungkapkan embusan yang terjadi didahului dengan adanya aktivitas gempa yang terekam di Stasiun Pusunglondon. "Status Gunung Merapi tetap normal," ujarnya.

Sementara itu, di tempat berbeda, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Prasetya Budi Laksana menegaskan, peristiwa tersebut merupakan hal biasa. "Embusan yang keluar dari puncak Merapi merupakan salah satu ciri aktivitas gunung yang masih aktif. Itu hal yang wajar," ungkap Prasetya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com