Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eggi-Sihat Janjikan 2 Juta Dukungan KTP Lagi

Kompas.com - 12/06/2013, 17:49 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Timur dari independen Eggi Sudjana berjanji akan kembali menyerahkan dukungan 2 juta foto kopi KTP bentuk dukungan kepada KPU Jatim. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat dari kekurangan dukungan yang diserahkan sebelumnya.

''Hari ini sudah sampai posisi 1.765.000 dukungan KTP, saya optimis hingga akhir masa perbaikan nanti pada 23 Juni sudah menembus jumlah 2 juta dukungan kopi KTP,'' kata Eggi Sudjana, Rabu (12/6/2013) kepada wartawan di Surabaya.

Dia berharap, KPU Jatim kembali melakukan verifikasi dengan cermat dan profesional tanpa ada niat untuk menjegal di tengah jalan pasangan independen pertama di Jatim ini seperti pada verifikasi awal lalu.

''KPU harus mengerti bahwa ini bukan pekerjaan mudah dan murah,'' tegasnya.

Jika pasangannya tidak lolos, dia tidak berani bertanggung jawab jika ada massa pendukungnya yang bertindak kasar dan membuat kerusuhan.

''Saya tidak memiliki garis komando dengan mereka, tapi janji itu sudah berkali-kali disampaikan langsung oleh pendukung saya,'' akunya.

Sebelumnya, hasil verifikasi faktual dukungan foto kopi KTP pasangan Eggi Sudjana-M Sihat hingga di tingkat KPU kabupaten/kota menyatakan, sekitar 85 ribu dukungan tidak memenuhi syarat dari total dukungan yang diserahkan saat mendaftar sebanyak 1,1 juta lebih.

Sesuai aturan KPU, jika pasangan ini ingin tetap lolos, maka harus melengkapi dua kali lipat jumlah dukungan yang kurang menjadi minimal 1,7 juta dukungan foto kopi KTP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com