Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekelompok Massa Bubarkan Diskusi Lintas Agama

Kompas.com - 12/06/2013, 16:00 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Sekelompok massa dikabarkan telah merusak acara dialog teologis Islam-Kristen, Textual Criticism: Membedah Beragam Varian Teks-Teks Alkitab dan Al Quran, dengan narasumber Ulil Abshar Abdalla dan Bambang Noorsena, Selasa (11/6/2013) kemarin, di Wisma Keuskupan, Jalan WR Supratman 4, Surabaya.

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, beberapa kelompok penyerang masuk ke ruang acara beberapa saat setelah acara ditutup. Mereka berlaku kasar, menyita makalah, membentak, dan memaksa panitia dialog ke kantor polisi. Beberapa panitia lalu dibawa ke kantor polisi dengan dikawal kelompok penyerang.

Mulanya acara digelar di Rumah Makan Forum di Jalan Margorejo, Surabaya. Namun, pihak rumah makan tidak bersedia karena dikabarkan telah mendapatkan ancaman dan tekanan dari sekelompok orang.

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Suparti membenarkan adanya insiden itu. Pihaknya mengaku sudah bersiaga di lokasi.

"Tetapi, kami tidak tahu ada kelompok lain di sana yang menyerbu dan melakukan penyerangan di sana," katanya ketika dikonfirmasi, Rabu (12/6/2013).

Awalnya, polisi memang tidak memberi izin acara itu karena dinilai berpotensi menimbulkan konflik dan kerusuhan. "Bahkan, kami berencana membubarkan acara tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com