Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Jurusan Jakarta-Wonogiri Hangus Terbakar

Kompas.com - 12/06/2013, 15:00 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Sebuah bus milik PO Sindoro Satriamas jurusan Jakarta-Wonogiri hangus terbakar, Rabu (12/6/2013) pagi. Kebakaran terjadi di depan Kantor Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Meski tidak ada korban jiwa dalam persitiwa ini, barang bawaan milik 20 penumpang ikut ludes terbakar.

Berdasarkan keterangan beberapa saksi, asap hitam tiba-tiba muncul di bagian AC bus bernopol H 1424 CG tersebut. Kernet bus, Udin, langsung meminta sopir untuk menghentikan bus. Penumpang yang panik segera berlarian keluar. "Saat penumpang keluar, saat itulah api muncul dan membakar bagian belakang bus dan merembet ke badan bus," kata Udin.

Peristiwa tersebut juga membuat panik pengendara yang melintas di sekitar lokasi kejadian. Kemacetan pun tidak bisa dihindari. Warga dan awak bus segera mencoba memadamkan api, sambil menunggu aparat kepolisian dan pemadam kebakaran tiba.

Api segera dapat dijinakkan oleh pemadam kebakaran yang datang dari Solo dan Sukoharjo. Petugas pemadam sempat memecah pintu darurat dan memastikan tidak ada penumpang yang terjebak di dalam bus.

Sementara itu, petugas Polsek Grogol segera mengamankan sopir dan kernet untuk dimintai keterangan terkait kebakaran yang terjadi. "Kita amankan sopir dan kernetnya, lalu bus yang terbakar dibawa ke Kantor Satlantas Grogol. Dari keterangan saksi, kesimpulan sementara akibat arus pendek (hubungan pendek arus listrik) di bagian AC bus," kata Kepala Unit Reskrim Polsek Grogol Ipda Dalmadi kepada wartawan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com