Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

130 Orang Ikuti Khitanan Massal dan Operasi Katarak Gratis

Kompas.com - 10/06/2013, 21:16 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com –  Memperingati hari jadinya yang ke-18, lembaga sosial Islam Mizan Amanah bekerja sama dengan Forum Kabah Masjid Al Irsyad Kota Baru Parahyangan menggelar khitanan massal dan operasi katarak gratis.

Program bertajuk “Gerakan Cinta Yatim Indonesia”  ini digelar Minggu (9/6/2013) dan diikuti sebanyak 150 peserta khitan dan 30 penderita katarak, yang seluruhnya adalah anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa.

Para peserta acara ini berasal dari beberapa desa di sekitar Cimahi, Cililin dan beberapa tempat di Bandung Barat. Acara ini digelar di dua tempat, karena untuk operasi katarak dibutuhkan peralatan  dan ruangan khusus.

Khitanan massal digelar di pelataran masjid Al-Irsyad, masjid unik berbentuk Ka’bah karya arsitek Ridwan Kamil. Sementara itu operasi katarak dilakukan di sebuah klinik spesialis mata di Jalan Raya Padalarang.

Selain bisa dikhitan gratis, para anak yatim itu juga menerima masing-masing satu unit sepeda. Iming-iming hadiah sepeda membuat peserta khitan semakin antusias dan bisa menghilangkan rasa takut mereka.

Antusiasme juga terlihat dalam layanan operasi katarak gratis. Para penderita katarak menjalani operasi secara bergilirian, dengan tiga orang pasien setiap untuk setiap giliran.

Usai menjalani operasi, para penderita katarak terlihat gembira karena tak lama lagi penglihatan mereka yang selama ini terganggu akan segera pulih.

Pihak Mizan Amanah mengatakan pada awalnya mereka hanya mentargetkan 100 orang saja untuk acara ini. Namun, dengan peminat yang membludak maka jumlah peserta ditambah hingga 130 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com