Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentani Barat Bakal Jadi Tempat Pembibitan Sapi

Kompas.com - 10/06/2013, 05:55 WIB

SENTANI, KOMPAS.com — Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua, akan dijadikan tempat pembibitan sapi, demikian dikatakan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jayapura Samiyana Sambodo kepada Antara di Sentani, Senin.

"Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura Papua sedang melakukan pembibitan sapi," ujar Samiyana Sambodo, sehubungan dengan wacana pelaksanaan swasembada daging di wilayah Papua, Senin (10/6/2013).

Kabupaten Jayapura menjadi salah satu wilayah yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan daging tidak hanya di dalam kabupaten, tetapi juga di luar kabupaten. "Saat ini Kabupaten Jayapura sudah dapat memenuhi kebutuhan daging di dalam kabupaten," katanya.

Samiyana menuturkan, jika kekurangan stok daging, pihaknya biasanya mendatangkan dari luar, tetapi hal tersebut sangat jarang dilakukan. "Biasanya kami mendatangkan sapi bantalan yang didatangkan pada bulan September, lalu akan digemukkan sehingga pada Hari Raya Lebaran sapi-sapi tersebut bisa dipotong," katanya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga telah menyediakan anggaran untuk stok sapi ini, baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta dari Dana Otonomi Khusus (Otsus).

Mengenai stok daging sapi menjelang Hari Raya Lebaran yang datang di bulan Agustus nanti, Samiyana menjelaskan kondisinya masih aman. Selain itu, harga daging sapi di pasar selalu dikontrol dan diawasi oleh Dinas Peternakan Kabupaten Jayapura melalui unit-unit teknis di lapangan.

"Yang jelas harga daging sapi dan stoknya masih aman di Kabupaten Jayapura," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com