Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahmad Darmawan: Tim Indonesia Ibarat Bambu Runcing

Kompas.com - 07/06/2013, 19:10 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pelatih kepala tim nasional sepakbola Indonesia U-23, Rahmad Darmawan yakin tim Indonesia mampu melakukan perlawanan saat menjamu Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat malam (7/6/2013) nanti.

Rahmad yang ditemui wartawan seusai berlatih bersama anak asuhnya di Stadion Manahan Solo, Jumat petang (7/6/2013) menilai, Indonesia layaknya bambu runcing yang mungkin bisa melakui dan memberikan perlawanan.

"Ya, seperti bambu runcing kan bisa melakukan perlawanan, satu gol pasti bisa dilesakan anak asuh dari Jacksen," kata Rahmad Darmawan.

Rahmad yang mengaku mengenal sosok Jacksen F. Tiago saat melatih bersama tim nasional senior, memastikan tim Indonesia akan memasang tiga gelandang bertahan saat melawan tim yang berada di peringkat 5 versi FIFA.

"Seperti saat melatih Persipura, Jacksen suka memasang tiga gelandang bertahan dan itu mungkin juga akan dilakukannya saat melawan Belanda nanti malam," katanya.

Sementara itu, pelatih timnas U-23 tersebut mengaku saat ini sedang fokus pada seleksi pemain U-23 yang rencananya akan dilakukan tiga gelombang. Sebanyak 30 puluh pemain akan dipilihnya untuk uji coba melawan Singapura Sabtu (8/6/2013) nanti.

Rahmad berharap akan melihat kemampuan terbaik dari para pemainnya mudah untuk dipilih. "Setiap pemain mempunyai potensi dan hal tersebut semoga muncul di setiap pertandingan, terutama besok melawan Singapura," katanya.

Rahmad menambahkan, materi latihan yang diberikan saat menjelang uji coba dengan Singapura adalah tentang strategi dan peningkatan skill pemain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com