Jumat, 31 Oktober 2014

News / Regional

Lima Calon Independen Mendaftar di Pilbup Polewali Mandar

Kamis, 6 Juni 2013 | 18:45 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Pemilihan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang akan digelar 8 Oktober 2013 mendatang tidak hanya diramaikan pasangan calon dari partai politik tapi juga calon independen.

Lima pasangan calon cabup-cawabup tercatat maju dari jalur independen, dan telah resmi mendafatrkan diri di kantor KPUD Polewali Mandar. Dari para calon itu, ada calon yang dinyatakan telah melengkapi persyaratan administrasinya, seperti bukti dukungan KTP lengkap. Namun, dari mereka juga ada yang tidak membawa bukti dokumen foto copy KTP.

Hari terakhir pendaftaran, ada dua pasangan calon dari jalur independen yang mendaftarkan ke KPUD. Pasangan itu adalah Andi Padli Patayangi-DR Abdul Rahman Razak yang dikawal ratusan tim suksesnya mendaftar di hari terakhir. Pasangan ini membawa 22.394 foto copy KTP lengkap dengan soft copynya.

Menjelang penutupan pendaftaran, pasangan Maenunis Amin-Andi Sastrawati juga mendaftarkan keikutsertaan mereka di pilbup Polewali Mandar. Pasangan ini hanya menyerahkan soft copy KTP di flash disk tanpa diserta foto copy KTP sebagai mana persyaratan calon Independen.

Sebelumnya sudah ada tiga pasangan independen yang juga mendaftar di KPUD Polewali. Pendaftar pertama adalah pasangan Hikman Katohidar-Abdullah Majid yang membawa 30.579 dukungan KTP. Hikman adalah pejabat sekda di Gorontalo yang mencalonkan diri di Polewali sedang wakilnya Abdullah madjid adalah putra mantan bupati Polewali Mandar.

Pendaftar di hari kedua yakni pasangan Munarfa Atjo-Bebas Manggasali. Kedua pasangan yang diantar ratusan pendukungnya ini membawa foto copy KTP 22.535 dukungan dari 16 kecamatan. Disusul pendaftar ketiga yakni pasangan Naharuddin dan Abdi manaf yang membawa 22.334 KTP.

 Berkas persyaratan calon independen akan diverifikasi secara administrative dan factual mulai Besok hingga (6/7) mendatang. Berkas para calon independen akan diserahkan ke PPK untuk diverifikasi. Sementara pendaftaran calon dari jalur partai baru akan dibuka Pertengahan Juni 2013 mendatang. Meski belum mendaftar secara resmi di kantor KPUD Polewali Mandar namun diperkirakan jumlah pasangan calon dari jalur partai poltik paling sedikit 4 calon seperti yang ramai disosialisasikan melalui baliho dan spanduk para kandidat selama ini (K25-11/Junaedi)


Penulis: Kontributor Polewali, Junaedi
Editor : Bambang Priyo Jatmiko